Wayang Bistro

Wajib Dicoba, 5 Makanan Khas Restoran Indonesia Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

Author By
admin

Terletak di antara 2 samudera dan 2 benua utama di dunia, Indonesia menempati posisi strategis sebagai pusat perdagangan pada masanya. Banyak pengaruh budaya yang dibawa oleh pedagang dari berbagai belahan dunia – dan salah satunya adalah kuliner. Seringkali budaya kuliner yang dibawa berasimilasi dengan budaya lokal dan menghasilkan kuliner eksotis khas Nusantara yang kita kenal sampai sekarang.

Dari Sabang sampai Merauke, varian kuliner yang digadang dari tiap daerah juga memiliki ciri khas. Semua memiliki cara pengolahan tersendiri sehingga tidak heran jika Indonesia dijuluki sebagai ‘Negara 1000 Kuliner’. Dengan adanya keunikan tersebut, terciptalah kuliner khas tiap pulau – seperti kuliner khas pulau Sumatera, Jawa, Bali sampai Sulawesi.

Bingung makanan apa saja sih yang wajib dicoba? Nah, berikut 5 varian makanan khas restoran Indonesia yang haram hukumnya untuk dilewatkan

1. Tempe Mendoan

Jika membahas gorengan tempe, rasanya lekat di benak bayangan tempe renyah yang digoreng kering. Namun lain halnya jika kita menyinggung Tempe Mendoan – panganan khas Banyumas, Jawa Tengah.

Tempe Mendoan sendiri lumayan lazim ditemukan di berbagai daerah Indonesia dan memiliki banyak penggemar. Berasal dari kata‘mendo’ yang berarti setengah matang, Tempe Mendoan biasa digoreng dalam minyak panas dengan cepat dan tidak matang sempurna. Dengan demikian, tekstur adonan tempe menjadi lembut dan terasa creamy di mulut. Apalagi jika disajikan dengan sambal kecap dengan cabe rawit. Rasanya hampir tidak ada yang bisa menolak pesona hidangan satu ini.

2. Sate Rembiga

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Sate Rembiga kala membahas kuliner khas Lombok, NTB. Konon kuliner ini cukup tersohor dan banyak dicari di kalangan pencinta kuliner lokal sampai internasional.

Berasal dari NTB yang terkenal dengan ternak sapi unggulan, daging sapi pada olahan sate Rembiga memiliki cita rasa manis yang unik. Sebelum dipanggang, daging terlebih dahulu ditumbuk agar empuk dan direndam selama 2 jam dengan bumbu racikan cabe merah, terasi, bawang putih dan gula merah. Inilah sebabnya daging pada sate Rembiga terasa empuk dan juicy dengan cita rasa aneka rempah yang gurih. Yum! Tertarik untuk mencoba?

3. Iga Bakar Sambal Dabu-Dabu

Sama halnya dengan sambal terasi dalam kuliner khas Jawa Barat, sambal Dabu-Dabu juga tidak dapat dipisahkan dari kuliner khas Manado – Sulawesi Utara. Cita rasa sambal yang asam dan segar menimbulkan kesan unik tersendiri yang membuat nagih para pencinta sambal.

Dengan bahan utama potongan tomat dan daun Kemangi, sambal Dabu-Dabu cenderung digunakan sebagai sambal pendamping aneka olahan dengan cita rasa berat – termasuk iga bakar. Perpaduan iga bakar juicy dengan segarnya sambal Dabu-Dabu rasanya bisa membuat siapapun menambah porsi nasi untuk kedua kalinya. Ditambah dengan aroma daun Kemangi yang memikat, tentunya sangat sayang jika kuliner ini dilewatkan begitu saja.

4. Bebek Suwir Embe

Membahas sambal khas Bali, seringkali nama sambal Matah langsung muncul pertama kali di benak. Padahal ada juga sambal lain dengan cita rasa khas yang tidak kalah – yaitu sambal Embe. Jika sambal Matah erat dengan nuansa bawang merah mentah, kebalikannya sambal Embe justru lekat dengan cita rasa bawang goreng.

Dengan paduan jeruk limau, cabai terasi dan bawang goreng, sambal Embe memiliki cita rasa gurih nan renyah dengan sedikit sentuhan rasa segar. Sangat cocok dipadankan dengan olahan daging, cita rasa segar sambal Embe dapat menonjolkan rasa juicy nan gurih khas daging bebek dalam menu Bebek Suwir Embe. Ditambah dengan sajian nasi putih hangat, pastinya hidangan ini wajib untuk dinikmati bagi kamu pencinta hidangan bebek.

5. Soto Betawi

Tidak berlebihan rasanya jika Soto Betawi dikatakan sebagai salah satu highlight kuliner di Indonesia. Cukup berbeda dengan soto-soto daerah lainnya, Soto Betawi pada umumnya menggunakan paduan susu dan santan di dalam kuahnya. Hal inilah yang menjadikan Soto Betawi memiliki ciri khas tersendiri di kalangan pencinta kuliner Nusantara.

Dengan bahan dasar susu, Soto Betawi dikenal dengan cita rasa kuah creamy yang tentunya sangat pas dipadankan dengan daging atau jeroan yang empuk. Tidak ketinggalan dengan sambal jeruk nipis dan emping yang renyah, kuliner khas Jakarta ini seringkali menjadi pilihan utama menu comfort food yang mengenyangkan.  Cukup dipadukan dengan nasi putih yang hangat dan voila! Soto Betawi siap menemani makan siangmu.

Berikut 5 makanan khas restoran Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Walaupun 5 kuliner Nusantara di atas tersebar di penjuru tempat yang berbeda, kamu bisa loh mencicipi semuanya di restoran Wayang Bistro yang berlokasi di dalam Mall Kota Kasablanka. Cocok untuk dine in ala makan siang sampai event skala corporate, Wayang Bistro juga mengadakan banyak promo yang tentunya bersahabat di dompetmu. Happy Eating!

Alamat:            Mall Kota Kasablanka Lt.3 – Jalan Casablanca Raya Kav. 88 Jakarta Selatan
Jam Buka:       11.00 – 21.00 WIB
Harga:             IDR 25.000 – IDR 90.000
Contact:          0811-177-260

× Ada yang bisa kami bantu?